var id = "be21690d2811e4f36e03e7aea45573dffd184c20"; class="post-template-default single single-post postid-19 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Spesifikasi ini akan fokus membekali lo untuk jadi programmer atau pengembang perangkat lembek, mulai dari web, mobile application, software-softwareyang dipake di perusahaan, aplikasi e-learning, termasuk jugagame. Keterampilan menyusun algoritma serta pemrograman sangat menguras pikiran. Oleh karenanya, di prodi ini, lo bakal jumlah belajar matematika untuk mengilapkan logika. Bisa dapat dirasakan nanti, merunut logika buat menyusun algoritma itu diantaranya merunut logika dalam menyelesaikan sebuah masalah matematika.

Lo tentunya ngga mau 4 tahun lo ke depan merasa “terpenjara” melakukan sesuatu yang ga lo suka. Oke, hamba sadar 4 tipe mahasiswa di atas tidak mampu sama persis lo temukan di atau merepresentasikan dorongan mahasiswa jurusan komputer pada kampus-kampus lain. Tapi, hamba rasa 4 tipe mahasiswa ini bisa menjadi gambaran kasar mengenai lika-liku perkuliahan di jurusan berbau komputer saku. Lo ngerasa ngga sih, dengan sistem pendidikan Indonesia sekarang, murid yang dilabeli pintar, “diarahkan” untuk masuk ke tempat yang isinya anak pintar juga? Anak pintar ngumpulnya sama bani pintar, di tempat dengan “menuntut” kepintaran juga. Pra gue masuk untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, gue mau share sedikit lepas observasi gue pas kuliah. Selama kurang lebih 4 tahun pengalaman kuliah hamba di Fasilkom UI, hamba melihat ada 4 jenis mahasiswa yang mengisi kampus tersebut.

Tetap, lapangan pekerjaan di lebar ini sangatlah besar karena infrastruktur dibutuhkan di kawasan dan kota manapun. Penuh yang mengira kalo Trik Komputer itu fokus di hardware komputer.

Lulusan Sistem Komputer nantinya BUKAN nun bikin komputer, smartphone, robot, dan sebagainya. Di sektor Teknik Komputer, lo akan mempelajari bagaimana bikin pegiat dari suatu alat elektronik. Mereka yang buat sistem canggih biar suatu barang elektronik bisa jalan. Untuk lebih jelasnya, kita menyilik aja yuk kurikulum Sistem Informatika ITB. Seperti dengan bisa lo amati, kurang lebih ruang lingkup nun dipelajari sama. Jurusan itu fokus membekali mahasiswanya secara programming skill dan software development. Kalo lo pengen tau detil mata wejangan untuk masing-masing bidang reaksi, silakan cek di Kurikulum Ilmu Komputer UI, hal 27 – 33.

Sama karena itulah, gue menjemput lo tadi untuk refleksi diri berdasarkan 4 jenis mahasiswa Ilkom yang hamba paparin di atas. Otherwise lo akan menjalani 4 tahun ke depan beserta penuh denial, keterpaksaan berlatih, dan merasa tersiksa melaksanakan sesuatu yang ternyata lo ga expect sama sungguh dan ga lo tenteram lagi.

Tapi, kalo lo beneran mantep dengan kesukaan lo, 4 tahun di depan lo akan sebagai masa-masa yang produktif dan batu pijakan yang berharga banget. mahasiswa tipe #1 mungkin bakal angguk-angguk aja baca tulisan gue. Buat tipe #2, ya sebenarnya sah-sah aja kalo menyerap jurusan Ilkom dengan pertimbangan demikian. Tapi, apakah lo udah tau apa nun bakal lo hadapi & pelajari selama masa perkuliahan nanti? Lo mungkin brilian, tapi lo bener-bener udah ngerti belum sepak terjang dengan bakal lo jalani ke depan seperti apa? Serta terakhir, untuk yang #4, plis banget lo harus tinjau lagi bener-bener kesukaan lo.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>